Posted on

Logistik secara simpel diistilahkan sebagai perpindahan barang dari A ke B untuk tujuan bisnis, ini ialah bagian krusial dalam supply chain sebab wajib menentukan aliran barang antara spot asal ke spot tujuan berjalan lancar. Dalam ekonomi modern, istilah logistik tak hanya mengacu pada perpindahan barang jasmaniah namun mencakup pengelolaan waktu dan isu. Sementara perusahaan logistik ialah penyedia layanan penyimpanan dan pengiriman. Beberapa besar perusahaan logistik, disebut juga perusahaan 3PL (Third Party Logistics) menangani beraneka aspek termasuk manajemen supply chain, pengemasan, pengiriman, bahkan keamanan.

Menurut riset terupdate Transparency Market Research, sempurna valuasi pasar logistik global diperkirakan mencapai USD 15,5 triliun pada 2023 dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate atau Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan) sebesar 7,5% dari 2016 hingga 2024. Meningkatnya perdagangan global di negara-negara berkembang, kemajuan infrastruktur, plus kemajuan teknologi isu dan transportasi menjadi elemen utama penunjang pertumbuhan pasar logistik global. Secara geografis, Asia Pasifik menguasai pasar logistik global sebab kontribusi signifikan dari Tiongkok, India, Singapura, Indonesia, Jepang dan Malaysia.

Ketika arus perdagangan internasional mengalir deras dan ekosistem ekonomi modern terus berkembang, pengaplikasian layanan logistik di beraneka sektor seperti manufaktur, ritel, perdagangan hingga perbankan meningkat secara signifikan. Hal ini membuat munculnya perusahaan-perusahaan logistik baru, disamping yang telah ada. Semuanya menawarkan layanan terbaik. Dari semuan yang terbaik itu, berikut 5 perusahaan logistik teratas di dunia dengan pendapatan miliaran dolar Amerika tiap tahunnya.

1. DHL

DHL Express Logistics ialah buah hati perusahaan Jerman bernama Deutsche Post DHL. DHL memberikan layanan untuk individu hingga bisnis dengan beraneka solusi mencakup penyimpanan dan distribusi, bea cukai, asuransi, solusi supply chain, pengiriman dan industri. Ketika ini, DHL memperkerjakan lebih dari 325.000 orang dan beroperasi di Amerika, Asia Pasifik dan Eropa. Pada 2016, pendapatan perusahaan ini mencapai Euro 57 miliar.

2. UPS

UPS Supply Chain Solutions ialah perusahaan logistik asal Amerika yang didirikan pada 1907. Layanan yang diberi mencakup kontrak logistik, konsultasi, pengiriman dan pengangkutan hingga broker pabean. UPS menghasilakan USD 61 miliar pada tahun lalu, sebab pengaruh Amazon dan eBay.

3. FedEx

Federal Express berdiri pada 1971 dan berkantor sentra di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. Memiliki 325.000 karyawan di seluruh dunia, perusahaan ini memberikan beraneka layanan antara lain post-delivery, pengiriman kilat, 3PL (Third Party Logistics) dan pengiriman barang. FedEx tenar dalam pengiriman sehari semalam dengan sistem pelacakan real-time. Pada tahun 2017, FedEx menjadikan lebih dari USD 60 miliar.

4. SNCF

The SNCF Group ialah perusahaan kereta api milik Perancis. Dengan karyawan 180.000 orang, perusahaan ini menyediakan beraneka layanan seperti pengangkutan dan pengiriman barang, optimalisasi supply chain, pengiriman ekspres dan kontrak logistik. Perusahaan tiap tahunnya mengangkut lebih dari 3 juta kendaraan.

5. Kuehne+Nagel

Kuehne+Nagel berdiri pada tahun 1890 di Bremen, Jerman dimana ketika ini berkantor sentra di Swiss dan menyediakan solusi supply chain untuk beraneka industri. Perusahaan ini menyediakan layanan pengiriman barang melalui udara, laut, darat hingga kontrak logistik dan logistik terintegrasi. Kuehne+Nagel ialah salah satu perusahaan pengiriman jalanan laut terbaik di dunia dengan pertumbuhan hingga dua digit tiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *